• Sabtu, 3 Desember 2022

Peserta Piala Dunia 2022 Gunakan Pesawat, Conte Verde, Digunakan Sebagai Transportasi Pemain Eropa Tahun 1930

- Rabu, 14 September 2022 | 20:26 WIB
Serba-serbi Piala Dunia 2022: Potret kapal Conte Verde di pelabuhan, transportasi yang digunakan pemain Eropa di tahun 1930 (fifamuseum.com)
Serba-serbi Piala Dunia 2022: Potret kapal Conte Verde di pelabuhan, transportasi yang digunakan pemain Eropa di tahun 1930 (fifamuseum.com)

PortalYogya.com — Semua peserta Piala Dunia 2022 Qatar, mayoritas gunakan pesawat menuju negara penyelenggara yang terletak di Timur Tengah itu.

Sementara pada Piala Dunia 1930 di Uruguay, para pemain yang berasal dari Eropa harus menggunakan kapal laut yang bernama Conte Verde untuk menginjakkan kaki di daratan Amerika Latin.

Berbeda dengan transportasi yang digunakan negara peserta Piala Dunia 2022, pemain Eropa saat itu (Belgia, Perancis, dan Romania) memilih kapal Conte Verde, yang berlayar dari Skotlandia.

Baca Juga: Wakil Asia Pertama di Piala Dunia Pernah Berangkat Melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Timnas Mana Ya?

Conte Verde harus melintasi samudera atlantik untuk mencium bibir pantai negara Amerika Selatan.

Sesampainya di Amerika Selatan, kapal itu tidak langsung berlabuh di Uruguay, tapi mereka berlabuh terlebih dahulu di Rio de Janeiro untuk menjemput pasukan Brazil.

Kapal yang mengangkut pencetak gol pertama dalam sejarah Piala Dunia, Lucien Laurent tersebut diluncurkan pada tahun 1923 di galangan kapal William Beardmore and Company di Dalmuir, Skotlandia.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 di Qatar Siap Digelar Megah, Dulu Para Pemain Harus Menyeberangi Lautan Lebih dari 2 Minggu

Conte Verde menjemput pemain Rumania dari galangan kapal di Pelabuhan Genoa, Italia.

Halaman:

Editor: Muhammad Baihaqi Lathif

Sumber: irisihtimes.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X