• Sabtu, 3 Desember 2022

Trofi Piala Dunia 2022 di Qatar Ternyata Berbeda dari Bentuk Pertamanya, Pernah Dicuri?

- Kamis, 15 September 2022 | 18:11 WIB
Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi gelaran pertama dalam sejarah yang dilaksanakan saat musim dingin (Twitter/@FIFAWorldCup)
Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi gelaran pertama dalam sejarah yang dilaksanakan saat musim dingin (Twitter/@FIFAWorldCup)

PortalYogya.com — Pesta akbar sepak bola empat tahunan yang tinggal beberapa bulan lagi digelar di Qatar, alias Piala Dunia 2022, ternyata menyimpan banyak kisah, salah satunya tentang trofi.

Trofi Piala Dunia 2022 Qatar yang saat ini masih menjalani tour ke berbagai benua, nyatanya secara desain dan bentuk sangat berbeda dengan wujudnya kala gelaran pertama kali di Uruguay.

Qatar, pada gelaran Piala Dunia 2022 nanti akan menjadi tempat pengukuhan negara sepak bola terkuat dengan pengangkatan trofi di partai final.

Baca Juga: Trofi Piala Dunia 2022 Ternyata Baru Diperebutkan Setelah Gelaran 1974, Apa Bedanya dengan Sebelum-sebelumnya?

Namun siapa sangka, jika bentuk trofi sekarang yang menggambarkan seseorang yang sedang memanggul bumi tersebut memiliki perbedaan mencolok dengan trofi yang pertama.

Perjalanan trofi Piala Dunia medio 1930-1970 berawal dari Jules Rimet, Presiden FIFA yang berhasil menggagas pelaksanaan Piala Dunia pertama.

Hasil penelusuran PortalYogya.com mengatakan bahwa Jules Rimet menetapkan rencana ajang Piala Dunia sepak bola pada tahun 1928.

Baca Juga: Jangan Girang Dulu! Meski Dipecat, Ferdy Sambo Bisa Dilantik Jadi Polisi Lagi, Simak Ini Aturannya

Kemudian Jules Rimet membuat kebijakan supaya pada tahun berikutnya diadakan Piala Dunia edisi pertama di Uruguay pada tahun 1930.

Halaman:

Editor: Muhammad Baihaqi Lathif

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X