• Selasa, 16 Agustus 2022

Sri Lanka Nyatakan Bangkrut, Sekolah dan Kantor Pemerintah Ditutup Sementara, Kok Bisa?

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:13 WIB
Sekolah di Sri Lanka tutup sementara setelah negara ini menyatakan diri bankrut (Unicefi/Indiatimes)
Sekolah di Sri Lanka tutup sementara setelah negara ini menyatakan diri bankrut (Unicefi/Indiatimes)

PortalYogya.com - Negara Sri Lanka menyatakan diri bangkrut. Sekolah dan kantor layanan pemerintah yang dinilai kurang penting ditutup sementara sejak tanggal 20 Juni 2022 lalu.

Pasalnya, negara Sri Lanka kini telah kekurangan bahan bakar. Negara ini sudah tidak memiliki anggaran untuk membeli bahan bakar.

Dilansir PortalYogya.com dari Indiatimes.com, Jumat (24/6/2022) pemerintah Sri Lanka mengumumkan penutupan dua minggu karena transportasi umum hampir terhenti akibat kurangnya dolar untuk membayar bahan bakar.

Baca Juga: 4 Alasan Indonesia Lebih Dipilih Elon Musk untuk Investasi Pabrik Mobil Listrik Tesla dan SpaceX

Banyak jalan di ibu kota Kolombo yang sebelumnya ramai telah sepi. Angkatan bersenjata berjaga-jaga di pom bensin saat barisan kendaraan memanjang bermil-mil.

Penantian berjam-jam telah menyebabkan kebuntuan yang tegang dan terjadi konfrontasi kekerasan dalam beberapa hari terakhir antara warga Sri Lanka yang frustrasi dan pasukan keamanan.

Chandima Madusanka, seorang pengemudi becak di Kolombo, mengatakan dia menunggu dua hari untuk mendapatkan tujuh liter bensin, yang diperkirakan hanya akan bertahan sehari.

Baca Juga: 5 Fakta Terbaru Lagu Tak Ingin Usai oleh Keisya Levronka, Sempat Fals Menyanyikan saat Live

Dia mengatakan tidak mungkin untuk memberi makan keluarganya. “Bagaimana kita bisa hidup seperti ini?” dia bertanya dengan marah.

Halaman:

Editor: Yongky Gigih Prasisko

Sumber: Bloomberg, indiatimes

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X