• Selasa, 16 Agustus 2022

PN Surabaya Izinkan Pernikahan Beda Agama, MUI Jatim Keluarkan Fatwa

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 21:27 WIB
Sholihin Sekretaris Komisi Fatwa MUI Jatim menanggapi kasus pernikahan beda agama yang diizinkan PN Surabaya (MUI Jatim)
Sholihin Sekretaris Komisi Fatwa MUI Jatim menanggapi kasus pernikahan beda agama yang diizinkan PN Surabaya (MUI Jatim)

PortalYogya.com – Kasus pernikahan beda agama menjadi sorotan publik setelah diizinkan oleh Pengadilan negeri (PN) Surabaya.

Terkait dengan pernikahan beda agama yang diizinkan oleh PN Surabaya, MUI Jawa Timur segera mengambil sikap tegas.

Sikap tegas mengenai pernikahan beda agama tersebut ditunjukkan dengan digelarnya sidang di Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur (MUI Jatim).

Baca Juga: MUI Minta Komisi Yudisial Tindak Tegas Hakim yang Sahkan Pernikahan Beda Agama, Harus Sesuai Syariat Agama

Pihak MUI Jatim melalui Sekretaris Komisi Fatwa mengatakan bahwa PN Surabaya tidak mengesahkan pernikahan beda agama, hanya memberikan izin saja.

PN Surabaya tidak mengesahkan hanya mengizinkan dengan dasar UU No 1 tahun 1974 tidak ada larangan,” ucap KH. Sholihin, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Jatim dikutip PortalYogya.com dari laman muijatim.or.id, Sabtu 25 Juni 2022.

Sholihin juga mengungkapkan bahwa ada stigma yang berkembang di masyarakat saat ini, jika pernikahan beda agama tidak diizinkan maka akan mengakibatkan perbuatan kumpul kebo.

Baca Juga: Viral Pernikahan Beda Agama! Ini Pertimbangan PN Surabaya Izinkan Pasangan Islam dan Kristen Menikah

“Ini adalah masalah prasangka, bisa iya bisa tidak. Tapi sementara orang yang melakukan pernikahan beda agama pasti melanggar ajaran agama.

Halaman:

Editor: Yongky Gigih Prasisko

Sumber: muijatim.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X