1 Desember 2022 ada Peringatan Apa? Yuk Ketahui Sejarah Singkat Peringatan Hari AIDS Sedunia

- Senin, 28 November 2022 | 17:19 WIB
Ilustrasi peringatan Hari AIDS Sedunia (Pexels.com/Klaus Nielsen)
Ilustrasi peringatan Hari AIDS Sedunia (Pexels.com/Klaus Nielsen)

PortalYogya.com - Pada tanggal 1 Desember 2022 bertepatan dengan peringatan Hari AIDS Sedunia.

Ide Hari AIDS Sedunia pertama kali dicetuskan oleh dua orang pejabat informasi masyarakat untuk program AIDS Global di Geneva, Swiss.

Selanjutnya, pada bulan Agustus 1987, kedua orang tersebut yang bernama James W. Bunn dan Thomas Netter menyampaikan ide mereka pada Dr. Jonathan Mann selaku direktur program AIDS Global. 

Baca Juga: Rezeki Bak Sultan Andara! Weton Tibo Lungguh Akan Dapat Posisi Baru Menjelang Akhir Tahun 2022

Dilansir PortalYogya.com dari Berbagai Sumber, Dr. Mann menyetujui ide tersebut dan menetapkan tanggal 1 Desember 1988 sebagai peringatan Hari AIDS Sedunia.

Pasalnya, Bunn dan Netter merasa bahwa 1 Desember merupakan tanggal mati dalam kalender maka, itu adalah waktu yang tepat untuk memperingati hari AIDS sedunia dalam setiap tahunnya.

United Nation Programme atau UNAIDS mengambil alih perencanaan, menciptakan dan memimpin kampanye AIDS sedunia pada tahun 1997. 

Baca Juga: Siap Hadapi Zaman Kegelapan! 5 Weton yang Rezekinya Tetap Melimpah di Tahun 2023

Semenjak diperingati selama dua tahun pertama, tema hari AIDS sedunia dikaitkan pada anak-anak dan orang muda. Hal ini mendapat banyak kritikan karena mengabaikan kenyataan bahwa virus HIV/AIDS dapat menyerang orang dari golongan usia berapapun.

Halaman:

Editor: Irvan Muhlish Abdillah

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X